Event marketing adalah situasi yang signifikan atau
peristiwa promosional yang mempunyai fokus utama untuk menangkap perhatian dan
melibatkan customer dalam event tersebut. Perusahaan dan organisasi-organisasi
non-profit menggunakan events dengan beberapa alasan, yaitu: untuk melibatkan
sasaran khalayak, untuk mengasosiasikan sebuah brand dengan aktivitas, gaya
hidup atau orang-orang tertentu, untuk meraih sasaran khalayak yang sulit
dijangkau, untuk meningkatkan brand awareness dan untuk menyediakan platform
yang baik bagi brand publicity.
Sponsorship adalah dukungan finansial kepada suatu
organisasi, orang, atau aktivitas yang dipertukarkan dengan publisitas merek
dan suatu hubungan. Sponsorship dapat membedakan sekaligus meningkatkan nilai
suatu merek. Beberapa pedoman yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam
memilih sponsorship: target khalayak, penguatan citra merek, dapat
diperpanjang, keterlibatan merek, biaya yang efektif dan sponsor lainnya.
Unilever sering sekali menjadi sponsor pada sebuah
acara karena perusahaan telah memperhitungkan dengan matang keuntungan yang
akan diperoleh. Dengan menjadi sponsor pada salah satu acara maka unilever
dapat menaympaikan pesan dari brnad yang akan dipromosikan dan meningkatkan
brand awareness.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar