Dalam PT.Unilever Indonesia, promosi yang dilakukan paling banyak melalui mediaelektronik.
Namun dalam kehidupan sehari-hari promosi yang dilakukan PT.
Unilever Indonesia tidak hanya lewat media elektronik tetapi banyak juga
melalui media cetak,sponsorship, mengadakan event-event yang memasukkan produk-produk dari PT.
Unilever seperti Kecap Bango, Pepsodent, Shampo Pantene, dll. Karena
jika promosi yang dilakukanhanya melalui media elektronik maka PT.
Unilever Indonesia tidak mendapatkan keuntunganyang optimal. Masyarakat
di Indonesia terdiri dari berbagai kalangan dan tingkatan sosialyang beragam. Jika perusahaan tidak bisa menyentuh hati masyarakat semua kalangan makaperusahaan
tidak dapat berkembang pesat. Makna dari iklan yang ditawarkan oleh
perusahaanjuga harus bisa dipahami oleh berbagai kalangan, karena iklan
adalah salah satu cara promosiyang bisa dilakukan oleh perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal.Selain
melalui iklan elektronik proses pemasaran yang dilakukan Unilever juga
menggunakanberbagai cara, diantaranya dengan berbagai program pemasaran
yang dapat menarik perhatian pelanggan. Kupon belanja gratis produk
unilever adalah salah satu cara promosiyang dilakukan oleh Unilever,
selain itu diskon-diskon yang diberikan juga banyak menarik perhatian
pelanggan yang berasal dari kalangan masyarakat menengah kebawah.Iklan itu sendiri adalah kandungan utama dari manajemen promosi yang menggunakan ruangmedia
bayaran untuk menyampaikan pesan, sementara para klien dan praktisi
periklananmemandangnya hanya sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan
konsumen. Iklan ini merupakan bagian dari bauran promosi, yang terdiri dari pemasaran langsung, PR (PublicRelations),
promosi penjualan, dan penjualan personal. Peranan merek produk juga
sangatberperan penting, karena merek merupakan simbol dari sebuah produk
yang dipasarkan.Bahkan dalam satu perusahaan
terdapat berbagai macam merek yang
berbeda-beda.Pemasaran berskala besar seperti ini hanya satu
daripada beragam program promosi yangdilakukan Unilever, promosi inter-personal
langsung ke pelanggan juga dilakukan olehUnilever dengan
memberikan keuntungan khusus yang diberikan pada pelanggan
setiapengguna produk Unilever. Dengan program pemasaran ini
diharapkan Unilever dapatmencakup pangsa pasar yang luas di pasar
konsumen Indonesia. Dalam pemasaran global, eksistensi perusahaan diperlukan
dalam mengembangkan idepemikiran, baik dalam cakupan nasional maupun
internasional.Dalam hal ini khususnyaperusahaan
Unilever harus bisa membuat sebuah grand design mahakarya khususnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar